Sabtu, 12 Januari 2013

O6. KOORDINASI & RENTANG MANAJEMEN


O6. KOORDINASI & RENTANG MANAJEMEN
Koordinasi Adalah proses pengintegrasian tujuan dan kegiatan pada satuan yang terposah pada suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien
3 Macam Ketergantungan
          Saling ketergantungan yang menyatu
          Saling ketergantungan yang berurutan
          Saling ketergantungan timbal-balik
Masalah Dalam Koordinasi
          Perbedaan dalam orientasi terhadap tujuan tertentu
          Perbedaan dalam orientasi waktu
          Perbedaan dalam orientasi antar waktu
          Perbedaan dalam formalitas struktur
3 Pendekatan
          Teknik manajemen dasar
          Meningkatkan koordinasi potensial
          Mengurangi kebutuhan akan koordinasi
Mekanisme Pengkoordinasi Dasar
          Hirarki manajerial
          Aturan dan prosedur
          Rencana dan penetapan tujuan
RENTANG MANAJEMEN
Prinsip rentang manajemen berkaitan erat dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh manajer atau atasan. Antara rentang manajemen dan koordinasi saling berhubungan erat. Ada anggapan bahwa semakin besar jumlah rentangan semakin sulit untuk mengkoordinasikan kegiatan bawahan secara efektif 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar