Jumat, 11 Januari 2013

4. MANAJEMEN DI PUSKESMAS SUNGKAI



4. MANAJEMEN DI PUSKESMAS SUNGKAI
                Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh organisasi/ instansi. Organisasi modern sebagian besar telah menerapkan manajemen dalam setiap kegiatannya, baik secara sederhana maupun menyeluruh. Manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan instansi, aparatur dan masyarakat. Dengan manajemen, daya guna dan hasil guna unsur-unsur manajemen akan dapat ditingkatkan.
Paradigma baru Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas) di era-desentralisasi, Puskesmas merupakan unit pelaksana pembangunan kesehatan di wilayah kecamatan yang merupakan unit pelaksana tehnis dinas (UPTD). Kriteria umum yang dimiliki diantaranya memiliki rencana, program dan kegiatan pengembangan yang berkelanjutan dengan didukung oleh tiga faktor yaitu sumber daya manusia, anggaran dan sarana dan prasarana kerja.
Puskesmas Sungkai sebagai organisasi pemerintah telah lama menerapkan manajemen dalam setiap proses aplikasi kegiatan. Sistem Imformasi Manajemen Puskesmas ( SIMPUS ) merupakan salah satu perwujudan penerapan manajemen dalam pencapaian setiap tujuan Puskesmas .
Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) di Puskesmas telah lama diterapkan seiring dengan makin berkembangnya Puskesmas ke era- desentralisasi. Setiap kebijakan yang dijalankan harus didukung dengan ketersediaan sumber daya manusia bidang kesehatan yang ada. Profesi kesehatan juga telah berkembang menjadi jabatan fungsional yang mempunyai tugas pokok dan fungsi yang jelas sesuai tingkat keahlian atau profesi yang dijabatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar